SELAMAT DATANG DI SPN SINGARAJA POLDA BALI SPN SINGARAJA: Desain Pembelajaran

Selasa, 04 Oktober 2016

Desain Pembelajaran


Pendidikan merupakan kebutuhan manusia sepanjang hidup yang senantiasa berubah seiring dengan perkembangan jaman, teknologi maupun budaya masyarakat setempat.  Perkembangan dan perubahan pendidikan yang maju menuntut kita selaku Gadik ( tenaga pendidik ) untuk mempersiapkan secara matang pula, baik dengan mengembangkan kemampuan dibidang pengetahuan, keterampilan dan keahliannya agar tidak tergusur oleh majunya pendidikan.  Desain Pembelajaran merupakan tata cara yang dipakai untuk melaksanakan proses pembelajaran, yang merinci tugas yang akan dipelajari dan dilaksanakan serta kebutuhan peserta didik untuk berperan aktif, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.


1.      Pengertian Desain Pembelajaran

          Ada beberapa pendapat para ahli menyangkut pengertian daripada Desain Pembelajaran, diantaranya :

-.          Desain Pembelajaran adalah kisi – kisi dari penerapan teori belajar dan pembelajaran untuk memfasilitasi proses belajar seseorang (REIGULUTH,1983). Reiguluth membedakan Desain Pembelajaran dengan pengembangan. Ia menyatakan bahwa pengembangan adalah penerapan kisi – kisi desain di lapangan, kemudian setelah diuji coba selesai, maka desain tersebut diperbaiki atau diperbaharui sesuai dengan masukan yang telah diperoleh.

-         Desain Pembelajaran adalah rangkaian prosedur sebagai suatu system untuk mengembangkan program pendidikan dan pelatihan dengan konsisten dan teruji (REISER,2002).
            Desain Pembelajaran juga sebagai proses yang rumit  tetapi kreatif, aktif dan berulang-ulang.  Definisi ini bermakna system pelatihan yaitu pendidikan diorganisasi serta proses yang teruji dan dapat dikaji ulang penerapannya.

-           Dalam buku Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan karangan 
            DR. E.MULYASA, MPD ;  Desain Pembelajaran atau Rencana 
            Pelaksanaan Pembelajaran adalah rencana yang 
            menggambarkan prosedur dan manajemen pembelajaran 
            untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang 
            ditetapkan dalam standar isi dan merupakan penjabaran 
            dari silabus.


2.      Manfaat Desain Pembelajaran

            a.         Manfaat Desain Pembelajaran adalah sebagai acuan atau 
                        pedoman Gadik dalam melaksanakan Proses Belajar Mengajar,
                        sehingga lebih sistematis, luwes, jelas dan terarah dalam 
                        menyajikan bahan ajar kepada peserta didik.

            b.         Membantu proses belajar peserta didik, dimana proses belajar 
                        itu sendiri memiliki tahapan segera dan jangka panjang.

            c.         Menciptakan situasi belajar yang kondusif, sehingga tujuan
                        pembelajaran dapat tercapai dan peserta didik 
                        termotivasi dalam proses belajarnya.

            d.         Desain Pembelajaran juga sebagai alat control bagi Gadik 
                        ( tenaga pendidik ) dalam kegiatan pembelajaran yang sedang 
                        dan sudah berlangsung 



3.      Prinsip – Prinsip Penyusunan Desain Pembelajaran

            Dalam perumusan Desain Pembelajaran harus memperhatikan perhatian dan karakteristik peserta didik terhadap materi pokok.  Gadik ( tenaga pendidik ) jangan hanya berperan sebagai transformator, tetapi harus berperan sebagai motivator yang dapat membangkitkan gairah dan nafsu belajar, serta mendorong peserta didik untuk belajar dengan menggunakan berbagai variasi metode dan sumber belajar yang sesuai, serta menunjang pembentukan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.

            Terdapat beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam perumusan Desain Pembelajaran, antara lain :

a.         Kompetensi yang dirumuskan dan sumber yang ada harus jelas.

b.         Makin konkrit kompetensi makin mudah diamati dan makin tepat 
            kegiatan – kegiatan yang harus dilakukan.

c.         Masing – masing komponen dalam Desain Pembelajaran harus 
            mencapai kompetensi yang diharapkan dan saling ketergantungan 
            dalam rangka mencapai tujuan.

d.         Proses Desain Pembelajaran bersifat berulang – ulang dan 
            saling berinteraksi serta memungkinkan untuk dilakukan 
            koreksi terhadap kemajuan.

e.      Desain Pembelajaran harus dirancang secara sederhana dan fleksibel serta dapat dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran, sehingga dapat sejalan dengan kegiatan lainnya ( mata pelajaran dan fasilitas ).

f.          Desain Pembelajaran yang dikembangkan harus utuh dan menyeluruh serta jelas pencapaiannya.

g.         Kordinasikan dengan kebutuhan lain, seperti tenaga, biaya, waktu, fasilitas dan peralatan, terutama apabila pembelajaran secara team ( team teaching ) atau dilaksanakan diluar kelas.

h.         Nilai hasil belajar peserta didik berdasarkan kompetensi, 
            hasilnya digunakan untuk merevisi setiap fase yang disempurnakan.


4.      Komponen Desain Pembelajaran

a.         Identitas Desain Pembelajaran

b.         Pertemuan belajar ke ……

c.         Kompetensi Dasar.

d.         Indikator Hasil Belajar.

e.         Pokok Bahasan.


f.          Waktu (Jumlah JP).

g.         Pelaksanaan Kegiatan, dengan kolom :

            1)         Nomor.
           
            2)         Alokasi Waktu.

            3)         Materi.

            4)         Kegiatan Gadik.

            5)         Kegiatan Peserta Didik.

            6)         Metode.

Adapun contoh format Desain Pembelajaran seperti dibawah ini :



KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA                                                   
                           DAERAH BALI     
      SEKOLAH POLISI NEGARA SINGARAJA


DESAIN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : .............................

1.         Pertemuan ke                       :  ........

2.         Kompetensi Dasar              :  ........

3.         Indikator Hasil Belajar         :
            Setelah menyelesaikan kegiatan belajar ini, diharapkan peserta didik 
            mampu :
            a.   ..................................................................
            b.   ..................................................................
            c.   ...................................................................

4.         Pokok Bahasan       :
            a.   ..................................................................
            b.   ..................................................................
            c.   ..................................................................

5.         Waktu                         :  .....  Menit ( ... JP ).

6.       Pelaksanaan Kegiatan


NO
WAKTU
MATERI
KEGIATAN GADIK
KEGIATAN PESERTA
METODE
1
2
3
4
5
6











7.         Tempat dan Peralatan  :
            a.   Tempat              : …………………………..
            b.   Peralatan          : …………………………...

8.         Referensi      :
            a.   ………………………………
            b.   ………………………………


          Mengetahui                                                         Singaraja,    ............... 2016
          KORGADIK                                                                       KA TEAM




Tidak ada komentar:

Posting Komentar